Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Install Game Repack Lama? Begini Solusinya


Install Game Repack Lama? Begini Solusinya - Assalamualaikum, game repack memang menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para pecinta game dengan kuota minim.Dengan mendownload game repack kita bisa mendapatkan Game PC ukuran besar dengan hanya menghabiskan kuota yang minim.Apasih maksudnya?

Baca juga : 35+ Game PC Ringan Terbaik Untuk Komputer dengan RAM 2GB

Pengertian

Game Repack adalah game yang dikompres secara highly compresed untuk menekan size dari game tersebut tanpa mengurangi kualitas audio, grafik dan lain lain yang terdapat di dalam game.Namun, dalam beberapa kasus repack terdapat pengurangan kualitas grafik video cutscene game dan bagi saya tidak terlalu penting dalam game.

Contoh game yang di-repack

Contohnya saya mendownload game repack PES 2017 di salah satu situs dengan size 3,8 Gb , namun setelah saya ekstrak / saya install,File aslinya berukuran sekitar 5,5 Gb. Jadi, saya hemat kuota sekitar 1,8 Gb.

Dan bagi saya, tidak terdapat pengurangan kualitas baik itu audio maupun grafik.

Perlu diketahui, karena metode yang diterapkan pada game repack adalah highly compressed maka data data game tersebut benar benar dipress sedemikian rapat agar mendapatkan ukuran sekecil-kecilnya.

Maka dari itu, saat menginstall game repack akan terasa lebih lama ketimbang menginstall game full download / size asli.
Install Game Repack Lama? Begini Solusinya

Tips Mempercepat Install game repack

Hentikan / jeda software yang berjalan

Saat dalam proses instalasi game, usahakan minimalisir penggunaan RAM pada komputer. Karena saat instalasi terjadi juga proses extracting yang juga memakan RAM.

Oleh karena itu, tutuplah semua aplikasi yang berjalan.Untuk menutupnya, bisa secara langsung dari aplikasinya ataupun lewat task manager.

Untuk menghentikan proses lewat task manager, dapat kalian lakukan dengan :
  1. Klik kanan pada taskbar
  2. Pilih 'Start task manager'
  3. Klik pada tab Process
  4. Pilih End Process pada software yang hendak diberhentikan.

Bersihkan 'Sesampahan'

Sesampahan yang saya maksud merupakan file file temporari yang terdapat pada harddisk anda.Semakin banyak file sesampahan pada hard disk anda, dapat menyebabkan proses 'Read/Write' menjadi lebih lama daripada biasanya.

Padahal, proses 'Read/Write' cukup besar pengaruhnya terhadap proses instalasi game repack.

Untuk menghapus temporary files dapat kalian baca pada artikel saya Cara Menghapus Temporary Files


Tinggalkan aktivitas di komputer

Saat proses instalasi game, sebaiknya jangan kalian 'klik-klik' ataupun hanya sekedar melihat lihat foto (kegiatan kegiatan kecil lainnya).

Bukan apa - apa, cara yang satu ini untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya CRASH / Not Responding saat proses install.

Ga mau kan kalau sudah di pertengahan proses instalasi eh tau-tau malah not responding.Terpaksa ulang dari awal deh.

Nah, berikut tadi merupakan tips tips yang dapat kalian terapkan untuk mempercepat instalasi game repack.

Terkadang hal yang sepele seperti itu, dapat berpengaruh besar.Dan parahnya, kita tidak menyadari hal itu.

Sekian terimakasih :),
Wassalamualaikum

5 comments for "Install Game Repack Lama? Begini Solusinya"

  1. gan ane sudah ngikutin perintah gan awalnya doank cpet tpi detik pertengahan lemot solusi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install game repack juga dipengaruhi oleh spesifikasi komputer kita sendiri.
      Tips di atas merupakan sedikit tweaking spy mengurangi beban Prosesor.

      Solusinya mungkin sabar ya mas hehe

      Delete
  2. Saya instal game Full size nya 50gb tapi di repack jadi 7gb. Sewaktu instal saya lihat disk nya kadang nge write kadang nggak. Kira kira itu dipengaruhi apa?

    ReplyDelete
  3. repack ya jelas lama. misalkan itu size 25 gb jadi 5 gb pasti lama. karena memang processorlah yang dibebankan dan juga ram benar apa kata si admin.
    kalau misalnya download di corepack.. itu cuma progressbarnya aja yang main main. tapi repack gamennya/fungsi repacknya masih jalan.( ane sering ketemu masalah seperti itu di corepack. sudah download tapi stuck lama di area yang sama. dan setelah didiamkan beberapa jam. ternyata memang tidak stuck/alias masih berjalan tanpa progressbar. progressbar tetap ditengah. setelah selesai langsung ke sesi "Extracting Files... Atau Create Shortcut...."

    janganlah untuk membuka tab lain/game/multitasking secara bersamaan dengan installan setupnya. agar proses menginstall berjalan dengan sempurna.
    yang dibebankan keras itu memang processornya. GPU. kalo repack

    ReplyDelete