Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Main Game Berat di PC Spek Rendah? Coba 5 Cara Ini!

Assalamualaikum, kali ini kita akan membahas cara bermain game PC berat di komputer dengan spek minim / rendah.Kira kira bisa ga ya?.Contohnya gini, sobat ingin bermain game yang diketahui berat seperti GTA 5 tapi laptop / komputer sobat hanya bermodalkan RAM sebesar 2GB / hanya 4GB.Kira - kira bisa ga?.Tentu saja akan terjadi lag / stuttering pada game dan dapat menyebabkan Laptop / Komputer anda Overheat.Tentunya akan berdampak buruk kedepannya jika kalian terus memaksakan kehendak pada laptop kentang kalian.

Rata - rata gamer di dunia ini menginginkan suatu kelancaran saat bermain game.Grafik yang tinggi nan indah ditambah Frame Rate Per Second yang melimpah.Tentunya merupakan idaman suatu gamer melibas habis semua game dengan grafik yang smooth.Sayang, seperti yang saya katakan tadi. Tidak semua orang di dunia ini beruntung memiliki PC dengan spek dewa.

Solusi yang paling cepat dan paling mudah yakni membeli laptop baru.Dan mengupgrade komponen bagi kalian gamer yang bermain di desktop.Ya, membeli laptop baru dengan spek lebih tinggi daripada laptop sebelumnya bisa jadi menjamin kalian bermain suatu game menjadi sangat playable daripada sebelumnya.

Namun, masalahnya terdapat pada dompet / uang hehe. Gak semua orang berdompet tebal , jadi harus pinter ngakal - ngakalin.

Baca Juga : Apa itu Stuttering dalam suatu game?

Selagi masih bisa diakalin , kenapa harus mengeluarkan uang?.

Mau Main Game Berat di PC Spek Rendah? Coba 5 Cara Ini!


Nah, pada artikel ini TKJMBAYO akan memberikan tips tips yang dapat kalian semua coba tanpa harus merogoh dompet anda..


Atur Resolusi se-Minimal Mungkin


Mau Main Game Berat di PC Low End? Coba 5 Cara Ini!

Mengatur resolusi in-game merupakan salah satu faktor pendukung meningkatnya Frame Rate Per Second.Karena semakin kecil resolusi pada game , semakin sedikit pula proses renderring image game pada CPU dan membuat CPU lebih leluasa untuk bekerja.

Buktinya, kalian bisa bandingkan FPS antara set game dengan resolusi 1080p atau Full HD dibanding dengan resolusi 720p HD quality.Lebih tinggi mana FPSnya?.Tentu saja yang 720p dengan catatan setting in-game mulai dari anti alliasing , shadow sampai lain - lain sama.

Kembali ke topik , jika kalian merasa kurang lancar jaya / merasa suatu game yang kalian mainkan kurang playable , kalian bisa mencoba untuk menurunkan resolusi game tersebut.
Contohnya, jika kalian merasa game tersebut berat pada resolusi 1366 x 768 kalian bisa turunkan menjadi 1280 x 720.

Kalian dapat mengonfigurasi resolusi ini di dalam game tersebut maupun dari luar game tersebut.Seperti game Pro evolution Soccer.

Setting In-game 'Rata Kiri' atau 'All Low Configuration'


Mau Main Game Berat di PC Low End? Coba 5 Cara Ini!

'Rata Kiri' atau 'All Low Configuration' merupakan konfigurasi pada game dimana fitur grafik pada game disetting low semua ( liat gambar supaya lebih jelas).Terlihat di gambar semua fitur grafik mulai dari ambient , textures , alliasing , shadow semua disetting Low dan Off.

Settingan 'Rata Kiri' diakui cukup efektif untuk mendobrak Frame Rate Per Second yang otomatis menghindari Lag / Stuttering.Kalian bisa mengkonfigurasi Display Graphics pada hampir semua game , seperti PUBG , GTA 5 , GTA 4 dan game - game yang mayoritas keluaran tahun 2008 ke-atas.

Namun, terdapat kelemahan / bisa dibilang kerugian , jika kalian mengkonfigurasi Rata kiri tersebut.
Kalian pasti sudah tahu, yakni Kualitas Grafik yang lebih buruk daripada settingan defaultnya.Mungkin hanya kualitas grafik yang menjadi kendalanya.

Pada sebagian orang , grafik di nomor duakan dan performa lah yang di nomor satukan.Tapi, ada beberapa orang / gamer yang mengalami 'Motion Sickness' jika bermain game dengan kualitas grafis yang buruk.

Jadi, menurut kalian gimana?

Mod / Patch Low Spec Gamer?


Mungkin sebelumnya sudah pernah saya singgung di artikel saya yaitu GTA 5 di RAM 2GB.Pada artikel tersebut saya menyampaikan kalian dapat menggunakan Mod Grafik yang dapat kalian download.

Apa sih mod grafik itu?.Dari namanya saja sudah ketahuan, artinya Melakukan Modifikasi pada grafik suatu game.
Tandanya, grafiknya disetting dan disesuaikan sedemikian rupa supaya dapat berjalan lancar pada komputer dengan spesifikasi minim.

Kalian dapat mendownload Graphics Mod Game ini pada situs - situs ternama seperti www.modb.com atau kalian juga bisa melihat channel youtbe Low Spec Gamer.Karena di channel tersebut kalian dapat melihat review / ulasan dari game game berat yang dimainkan di spek minimum.
Hampir semua game dirasa playable disitu.

Maksimalkan Performa Kartu Grafis

Untuk memaksimalkan performa kartu grafis, kalian bisa mengaturnya di tampilan Driver pada masing masing graphic card kalian.

Untuk pengguna Nvidia , kalian bisa mensettingnya pada Nvidia Control Panel.
  1. Masuk Ke tab 3D Settings
  2. Turn off anti-alliassing / Fitur FXAA
  3. Pilih 'Prefer Maximum Performance' pada Power Management.
  4. Apply
Mau Main Game Berat di PC Low End? Coba 5 Cara Ini!
Settingan Nvidia

Untuk Pengguna AMD , kalian bisa setting pada Software AMD Catalyst / AMD Crimson.Untuk settingannya sendiri kurang lebih sama seperti Nvidia.

Sedangkan untuk pengguna Intel HD Graphics, kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya yakni :

Optimalkan Kinerja Processor

Processor merupakan inti dari suatu komputer.Prosessor sangatlah penting perannya terutama pada gaming yaitu berperan sebagai alat renderring.

Untuk mengoptimalkannya kalian bisa baca artikel saya sebelumnya yakni :
Kira - kira seperti itulah 5 cara supaya kamu dapat lancar saat bermain game berat pada laptop / komputer low spec.Dan semua cara yang saya tulis tersebut ,well - tested oleh saya.

Namun, jika kalian masih menemui kendala saat bermain game seperti lag / stuttering meskipun kalian telah mengaplikasikan kelima cara tersebut, itu artinya kalian sudah harus Upgrade PC / Beli laptop baru hehehe.

Saya harap dengan artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi kalian pejuang kere hore yang menginginkan kelancaran dalam bermain game berat hehe.

Cukup sekian artikel saya yang satu ini,Sekian terimakasih.
Wassalamualaikum.

1 comment for "Mau Main Game Berat di PC Spek Rendah? Coba 5 Cara Ini!"

  1. Tipsnya bagus, cukup mudah dipahami. Update terus ya blognya

    ReplyDelete